ABSTRAK
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo
Program Studi DIV Kebidanan
Skripsi, Agustus 2015
Umrotul Hafidhoh Hadiningrum
030214A048
Hubungan Komunikasi Ibu dengan Perkembangan
Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul
Athfal Mardi Putra Bantul
( xvii +
88 halaman + 3 bagan + 6 tabel + 15 lampiran)
ABSTRAK
Perkembangan
personal sosial merupakan aspek yang sangat penting pada usia prasekolah.
Masalah perkembangan personal sosial anak prasekolah diantaranya anak tidak
mempunyai kemampuan bersosialisasi dan kemandirian mencapai 48,4 % pada anak
usia prasekolah. Komunikasi ibu menjadi faktor penting untuk perkembangan anak,
dikarenakan komunikasi ibu merupakan dasar untuk anak dapat mandiri,
bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis hubungan komunikasi ibu dengan perkembangan personal sosial
anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
rancangan penelitian cross sectional dan
besar sampel 75 responden dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan
kuisioner terstruktur dengan analisa data univariat dan bivariat dengan Chi Square pada tingkat kemaknaan α=0,05.
Hasil
uji statistik menunjukkan sebagian besar responden memiliki komunikasi yang
baik yaitu sebanyak 64 orang (85,3%), dan perkembangan personal sosial
menunjukkan bahwa 64 anak (86,7%) mempunyai perkembangan personal sosial baik.
Uji bivariat menunjukkan p value 0,000≤0,05 sehingga ada hubungan
yang signifikan antara komunikasi ibu dengan perkembangan personal sosial anak
usia prasekolah.
Penelitian
ini diharapkan ibu mampu meningkatkan komunikasi yang baik terhadap anak untuk
membantu perkembangan personal sosial.
Kata Kunci : Komunikasi Ibu, Perkembangan Personal
Sosial
Kepustakaan : 38 Pustaka
(2000-2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar